Hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat kolam

Akan asyik sekali, apabila memiliki kolam renang sendiri di halaman rumah. Selain sering menjadi pilihan aktivitas olahraga, kolam renang membuat sekitar rumah terasa sejuk dan bernuansa alam, dengan birunya air kolam renang dan gemericik air yang ditimbulkannya.

Namun, untuk memiliki kolam renang di halaman rumah, bukan hal yang mudah. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yang harus dipenuhi, agar kolam renang nantinya tak menjadi sumber masalah.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memiliki kolam renang di rumah di antaranya terkait ketepatan, keamanan, dan kenyamanan. Dan, apa saja syaratnya? Berikut rangkumannya.

1. Lahan
Memiliki lahan yang luas adalah pertimbangan pertama yang harus dipikirkan pemilik rumah. Karena idealnya, kolam renang harus berukuran minimal tiga meter kali tujuh meter, guna memberikan kenyamanan gerak. Bisa saja didesain dengan ukuran lebih kecil, namun hanya bisa digunakan untuk berendam dan kurang optimal untuk dipakai berenang.

Dengan begitu, setidaknya dibutuhkan lahan kira-kira seluar 4 m x 8 m pada halaman rumah. Karena, harus ada sisa jarak minimal 50 sentimeter di sekeliling kolam renang untuk kenyamanan dan keamanan.

2. Air

Sebenarnya, air yang digunakan untuk memasok kolam renang tidak lah sulit, bisa berasal dari mana saja. Seperti yang berasal dari air tanah, air PAM, dan air gunung. Jika perawatannya teratur, benar, dan baik pun tak perlu diganti secara berkala dalam waktu dekat.

Namun, Anda perlu menjaga kebersihan air, kadar klorin, dan kadar PH nya yang memungkinkan sedikit rumit. Jika masih awam, disarankan untuk sering-sering berkonsultasi pada ahlinya. Sebab, jika terjadi masalah sedikit saja, rentan kolam akan bocor dan perbaikannya sangat merepotkan.

3. Listrik

Hal ini penting untuk dipertimbangkan. Karena, dengan kepemilikan kolam renang dengan ukuran ideal itu, minimal memakan daya 500 watt, agar air selalu bersih.

Selain itu, desain kolam renang juga membutuhkan penerangan di malam hari, dengan kira-kira tiga buah lampu di bawah air, yang masing-masing berdaya 100 watt. Sehingga, Anda setidaknya harus menyediakan daya listrik sebanyak 800 watt khusus untuk keperluan kolam renang.

sumber : viva.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp WhatsApp us