Pertimbangan Memilih Lampu Kolam Renang

kontraktor kolam renang - design-kolam-renang

Memilih lampu kolam renang

Lampu kolam renang dan cara memilihnya – Prioritas pertama pencahayaan kolam renang adalah menciptakan lingkungan yang aman. Untuk menciptakan lingkungan keselamatan ini, kita harus memperhatikan pilihan lampu dan penempatan lampu. Kolam renang menerima cahaya alami dari matahari dan menerima cahaya buatan dengan bantuan lampu. Terkadang kolam hanya diterangi oleh cahaya alami atau terkadang oleh cahaya buatan. Terkadang bisa dengan kombinasi keduanya. Umumnya 300 lux light level sudah cukup di kolam renang. untuk kolam renang kompetisi, 500 lux atau lebih tingkat pencahayaan mungkin diperlukan.

lampu kolam renang

Beberapa pertimbangan lampu kolam renang

Cahaya, terutama bila cahaya mencapai permukaan air pada sudut yang lebih rendah dari 50 derajat, menciptakan pantulan dan menyilaukan. Untuk menghindari situasi ini, perencanaan yang tepat harus dilakukan pada tahap desain. Umumnya, masalah seperti itu tidak terjadi saat lampu ditempatkan langsung di kolam renang. Masalahnya terjadi saat lampu ditempatkan di dinding samping. Saat cahaya mencapai permukaan air di sudut yang lebih rendah, menciptakan pantulan.

Selain silau pada permukaan kolam renang, lampu memiliki efek menyilaukan sehingga tidak nyaman. Ini dapat dicegah dengan menempatkan lampu pada posisi yang tepat. Indirect lighting adalah pilihan terbaik untuk mencegah penyilauan. Lampu sorot dapat diarahkan ke dinding dan langit-langit untuk memberikan penerangan bebas silau.

Pemeliharaan lampu kolam renang akan menjadi mahal terutama jika diletakkan di kolam renang. Untuk alasan ini, umur panjang, hemat listrik seperti LED dapat dipertimbangkan.
Jika terjadi pemadaman listrik, sistem pencahayaan darurat harus digunakan untuk menjaga tingkat pencahayaan yang aman. Jika tidak, sangat berbahaya bagi perenang jika terjadi pemadaman.
Selain pencahayaan umum, pencahayaan bawah air di kolam renang bisa digunakan untuk mengurangi efek pantulan dan meningkatkan kualitas pencahayaan di bawah air. Pencahayaan semacam itu juga sangat penting untuk keselamatan.

Kolam renang adalah tempat yang lembab. gunakanlah lampu kolam renang tahan karat. Perlengkapan ringan yang digunakan di kolam renang harus memiliki kelas perlindungan minimum IP54. Lampu yang digunakan di bawah air harus memiliki kelas perlindungan minimum IP68.

Terakhir, perlu pengingat yang sangat penting. Sayangnya, di beberapa tempat di mana ada kelalaian tidak ada pengawasan, kehilangan nyawa bisa dilihat akibat penerangan dan penerangan instalasi. Untuk mencegah perangkat arus sisa ini harus digunakan, tidak peduli seberapa bagus lampu Anda. Unit ini membutuhkan grounding yang baik agar bisa bekerja dengan baik, dan harus menggunakan input volltage 12V

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp WhatsApp us